TripePost.com Ketua MPR RI dan Ketua Umum Ikatan Sepeda Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, IMI bekerjasama dengan WIR Group sedang mempersiapkan Virtuaracer, liga balap berbasis teknologi informasi yang pertama kali digelar di Indonesia bahkan di dunia. Virtuaracer adalah kompetisi balap hybrid dengan menggabungkan virtual dan nyata.

Kompetisi ini tidak hanya bisa diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara di dunia.

“Konsep balapnya sangat unik, berbeda dengan konsep balap virtual menggunakan simulator yang menggunakan lintasan balap dan kendaraan virtual (unreal). Di Virtuaracer, kendaraan balap dan trek balap hadir secara fisik. Kendaraan yang digunakan tidak berbeda dengan Tamiya. Uniknya, para pembalap tidak perlu datang langsung ke trek. Cukup melalui smartphone atau tablet yang terkoneksi dengan aplikasi Virtuaracer, mereka bisa mengontrol kendaraan balap untuk mengikuti balapan,” kata Bamsoet, Selasa (21/9/21).

Bamsoet menjelaskan, untuk tahap awal, lintasan balap Virtuaracer akan menggunakan Kantor IMI di kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Dimungkinkan juga untuk membidik lokasi lain di berbagai daerah, terutama yang memiliki potensi wisata seperti Bali, Danau Toba, dan berbagai daerah menarik lainnya.

“Pemain virtuaracer juga bisa membeli secara online berbagai suku cadang yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa kendaraan balap mereka. Setelah melakukan pembayaran, teknisi dari Virtuaracer akan memasang berbagai suku cadang. Jadi, para pemain tidak perlu repot menghabiskan waktu dan tenaga," jelas Bamsoet.

Ia menjelaskan, ide melahirkan Virtuaracer tak lepas dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Pandemi Covid-19 sebenarnya menjadi tantangan bagi IMI untuk terus berinovasi dalam memberikan berbagai pengalaman balap bagi masyarakat.

“Kehadiran Virtuaracer merupakan penegasan bahwa anak-anak Indonesia sangat inovatif dan kreatif dalam mengatasi pandemi Covid-19. Ini juga merupakan tanda bahwa anak bangsa sangat adaptif terhadap kemajuan teknologi dan informasi. Terutama di menerapkannya di dunia otomotif,” pungkas Bamsoet.

By | 2021-09-24T08:17:04+00:00 September 24th, 2021|Velg Mobil|